Apa itu Efin dan Fungsinya?

Electronic Filing Identification Number (EFIN) Pajak adalah nomor unik yang dikeluarkan untuk wajib pajak di Indonesia oleh DJP (Direktorat Jenderal Pajak). Nomor ini diperlukan untuk mengisi formulir pajak, pembayaran, dan transaksi lain yang terkait dengan perpajakan. EFIN terdiri dari 12 digit numerik yang wajib untuk pelaporan pajak online dan digunakan untuk mengidentifikasi wajib pajak dan informasinya.

FUNGSI EFIN PAJAK

Apa yang dimaksud dengan EFIN dan manfaatnya bagi wajib pajak mungkin menjadi pertanyaan bagi mayoritas masyarakat awam saat baru pertama kali berurusan dengan langkah lapor pajak online.

Diberlakukannya EFIN tentu memberikan dampak positif bagi sistem administrasi perpajakan Indonesia. Berikut beberapa manfaat diterbitkannya EFIN untuk wajib pajak:

– Anda dapat merasakan manfaat lapor SPT online sangat besar, seperti lebih  hemat waktu dan penyimpanan data bukti lapor dalam basis data web dan dalam jangka Panjang

– EFIN berfungsi untuk autentifikasi agar transaksi pajak online bisa dienkripsi sehingga menjamin kerahasiaan data perpajakan.

– Setelah memiliki EFIN wajib pajak dapat mengakses melakukan transaksi perpajakan online dan melaporkan SPT tahunan tanpa perlu datang untuk antri lagi ke KPP

– Dapat menjamin kerahasiaan data yang terdapat di dalam sistem pajak online

– Jika melaporkan pajak secara online maka data akan terekam di database sistem pajak. Kemudian pada laporan pajak tahun berikutnya, anda tidak perlu mengulangi pengisian data dari awal lagi

Sumber : https://www.online-pajak.com/seputar-efiling/apa-yang-dimaksud-dengan-efin#:~:text=Electronic%20Filing%20Identification%20Number%20(EFIN,lain%20yang%20terkait%20dengan%20perpajakan.

Kantor Hukum Jogjalawkarta adalah kantor pengacara yang telah menangani berbagai perkara hukum baik dalam perkara pidana maupun perkara perdata sejak tahun 2018 seperti pendampingan perkara perdata, cerai talak, gugat cerai, permohonan dispensasi kawin, gugatan hak asuh anak, permohonan penetapan ahli waris, sengketa wanprestasi/perbuatan melawan hukum, pendampingan perkara pidana, mediasi, negosiasi, dan masih banyak lagi. Selain itu Kantor Hukum Jogjalawkarta telah membantu berbagai industri dan bisnis dalam memberikan solusi hukum terbaik yang berkaitan dengan peraturan-peraturan di Indonesia.

Untuk informasi lebih lengkapnya anda dapat menghubungi kami via :
WhatsApp : (0812-1080-4902)
Instagram : @jogjalawkarta
Facebook : Jogjalawkarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *